Pengetahuan tentang Adat Minangkabau











Pengetahuan adat Minangkabau itu dihimpun di dalam "Undang nan Duo Pulua Cupak duo".

1. Adat Ampek

Ini terdiri dari:
1) Adat sabana adat,
2) Adat nan diadatkan,
3) Adat teradat,
4) Adat-istiadat.

Adat pada nomor 1) dan 2) disebut adat babuhiua mati, yakni adat sabana adat dan adat nan diadatkan. Dalam sebutan sehari-hari disebut "adat", Adat pada nomor 3) dan 4) disebut adat babuhua sentak yakni adat teradat dan adat-istiadat. Dalam sebutan sehari-hari disebut "Istiadat". Maka keempat jenis adat ini disebut "adat istiadat Minangkabau."

a. Adat sabana adat: Ialah· sesuatu peraturan yang seharusnya menurut alur dan patut, seharusnya menurut agarna Islam (syarak), menurut perikemanusiaan, adil dan beradab. Sebelurn agama Islam masuk ke Minangkabau ini, adat nan sabana adat ini adalah sesuatu aturan dalam rnasyarakat yang dicontoh dan dipelajari oleh nenek-moyang orang Minangkabau, yakni Datuk Parpatiah Nan Sabatang dan Datuak Katumanggungan dari ketentuan-ketentuan alam yang nyata ini.

b. Adat nan diadatkan: Kemudian dari ketentuan alam tersebut disusun menjadi pepatah-petitih, mamang, bidal dan pantun yang merupakan himpunan dati seluruh kaedah adat Minangkabau da1am sega1a peraturan-peraturan di da1am kehidupan bermasyarakat, sehingga menjadi peraturan yang diadatkan sampai sekarang oleh nenek-moyang orang Minangkabau. Umpamanya tentang:

a. kedudukan seseorang sebagai pribadi,
b. kedudukan masyarakat,
c. ekonomi,

dan juga mengatur dalam bidang:
a. susunan masyarakat,
b. tujuan masyarakat,
c. cara mencapai tujuan masyarakat.

Kedudukan seseorang sebagai pribadi:

Nan kuriak iyolah kundi,
nan merah iyolah sago,
nan baiek iyolah budi,

nan endah iyolah baso.


yang bertujuan untuk mencapai "Nan tuo dihormati, nan ketek dikasihi, samo gadang baok bakawan. Anyuik bapinteh, hilang bacari, salah dibatuahkan. Taraping bakaik, tabanam basalami.

Kedudukan masyarakat: Nan barek samo dipikuah, nan ringan samo dijinjiang, nan elok baimbaukan, nan buruak bahambuan, nan elok dek awak katuju dek urang. Sahino samalu, sasakiek sasanang, sabarek saringan, dan sebagainya.

Ekonomi: Elok lenggang di nan data, rancak rarak di ari paneh, ilang rono dek panyakik, ilang bangso tak barameh, dek ameh sagalo kameh, dek padi sagalo jadi. Duduak marawik ranjau tagak maninjau .jarah. Dan sebagai dasar ada1ah: Sawah ladang bandaa buatan. Batanam nan bapucuak, mamaliharo nan banyawa. Artinya. sebagai prinsip dasar da1am bidang ekonomi adalah pertanian, perkebunan, dan peternakan serta perikanan.

Susunan masyarakatseperti kata pepatah:

Janggirieh bakarek kuku,
panggarek pisau sirawik,

pangarek batuang tuonyo,
batuang tuo ambiak ka lantai.

Nagari bakampek suku,

dalam suku babuah paruik,

kampuang diagiah batuo,

rumah dibari batungganai.


dengan ketentuan: .

Kamanakan barajo mamak,
mamak barajo ka penghulu,
penghulu barajo ka mufakat,

mufakat barajo ka nan bana,

bana badiri sandirinyo,

nan manuruik aluah jo patuik.


Tujuan masyarakat:

Bumi sanang padi manjadi,
padi kuniang jaguang maupiah,
taranak bakambang biak,

anak buah sanang santoso,

bapak kayo mandeh barameh,

mamak disambah urang pulo.


Artinya untuk mencapai kemakmuran, kebahagiaan dan keadilan dalam masyarakat.

Cara mencapai tujuan:

Nan barek samo dipikua,
nan ringan samo dijinjiang,
ka bukik samo rnandaki.

ka lurah samo manurun,

tatungkuiek samo makan tanah,

tatilanitang samo minum ambun,

tarapuang samo anyuik,

tarandarn samo basah.


Kato surang dibulati,
kato basamo dipaiyokan.

Kalau mambilai samo laweh,

kok maukuah samo panjang.


ketek kayu ketek bahan,
gadang kayu gadang bahan,
dan sebagainya.

c. Adat Teradat: Ialah peraturan yang dibuat secara bersama oleh para ninik-rnamak, pemangku adat dalam suatu nagari. Peraturan tersebut berguna untuk merealisasi peraturan-peraturan yang dibuat oleh nenek-moyang dalam adat nan diadakan.

Di dalam aturan adat nan diadatkan, peraturan-peraturan yang bersangkutan dengan kehidupan masyarakat baik dalnm bidang sosial, politik, hukum dan lain-lainnya, dituangkan dalam bentuk pepatah-petitih, mamang bidal, pantun dan gurindam yang disusun dalam bentuk kalimat-kalimat pendek, tetapi mengandung arti kiasan yang menghendaki adanya peraturan pelaksana untuk menjalankarmya dalam masyarakat. Peraturan-peraturan adat teradat ini tidak sarna pada tiap-tiap nagari. Karena peraturan yang dibuat harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap nagari di Minangkabau.

Hal ini disebutkan dalam pepatah.:

Lain lubuak lain ikannyo.
lain padang lain balalangnyo.

Baadat sapanjang jalan, bacupak sapanjang batuang.

d. Adat-istiadat
: Ialah kebiasaan dalam suatu nagari atau golongan yang berupa kesukaan dari sebagian masyarakat tersebut, seperti kesenian, olahraga, dan sebagainya, seni suara, seni lukis dan bangunan-bangunan dan lain-lain.

2. Nagarai Ampek:

Nagari ampek terdiri dari :
l) taratak,
2) dusun,
3) koto, .
4) nagari.

a. Taratak: Adalah tempat yang mula-mula didiami nenek-moyang kita untuk tempat beberapa orang anggota keluarga memulai "menatak". Selanjutnya taratak itu dijadikan tempat berkehidupan secara bersama yang sifatnya jauh dari sederhana.

b. Dusun: Pada mulanya taratak dengan taratak lain yang mempunyai hubungan baik satu dengan yang lain mulai menyusun kesatuan keluarga yang" jumlahnya sangat terbatas sekali. Dalam hal ini telah mulai dibuat rumah secara sederhana sekali begitupun sumber-sumber penghidupan telah mulai dilaksanakan secara tetap.

c. Koto: Adalah dusun-dusun yang tadinya terpencar-pencar, kemudian dengan persetujuan bersama dilakukan pengelompokan yang dihubungkan dengan tali keturunan secara adapt yang dimulai dengan permufakatan yang bulat (sakato).

Maka tempat yang telah diperoleh dengan cara permufakatan bersama ini disebutlah "koto". Dalam hal ini masyarakatnya telah mulai berkembang maju, yakni telah mulai bekerja membuat sawah-ladang dan irigasi secara bersama.

d. Nagari:
Beberapa koto yang biasanya terdiri dari tiga kelompok koto, dijadikah menjadi satu. Yang pemah ditemui adalah kepala koto, tengah koto, ikua koto. Ketiga kolo ini disusun menjadi satu kesatuan hukum yang disebut "nagari', yang disebut dalam ketentuan adat:

Kok ketek balingka tanah,
jikok gadang balingkuang aua.

nagari bapaga undang.

kampuang bapaga buek.


kampuang baumpuak,
suku bajeroang.
dan sebagainya.

3. Kato-kato Adat Ampek:

Terdir dari :
l) kato mufakat,
2) kato pusako.
3) kato dahulu batapati,
4) kato kamudian kato bacari.

a. Kato mufakat: Ialah:

Kato surang dibulati, kato basamo dipaiyokan. .
duduak surang basampik-sampik, duduak basamo balapang-lapang.


baiyo-iyo jo adiak, batido-tido jo kakak,

dibulekkan aie ka pambuluah,

dibulekkan kato jo mufakat,.


bulek baru digolekkan,
pipie baru diayangkan,
saciok bak ayam,

sadanciang bak basi,

bulek indak basuduik,

picak tidak basandiang,

tapawik balantak,

takuruang bakunci.


dan sebagainya.

b. Kato pusako
: Ialah seperti yang disebutkan dalam ketentuan Adat:

Mamahek manuju barih,
tantang bana lubang katambuak,
malantiang manuju pangka,

lantang bana buah karaneh,

manabang manuju pangka, tantang bana ruweh karabah.


Artinya meletakkan sesuatu hendaklah pada tempatnya, menurut. mungkin dan patut adanya.

c Kato dahulu batapati: Ialah sesuatu hasil rnufakat yang telah disepakati bersama rnenjadi suatu keputusan, tetapi belum sempat untuk dilaksanakan karena sesuatu dan lain hal. Apabila telah tiba waktunya untuk dilaksanakan, maka pelaksanaan tersebut haruslah sesuai dengan apa yang telah di putuskan. Seperti kata pepatah Adat tentang Kato dahulu batapati:

Suri tagantuang batanuni,
luak taganang nan basauak,
kayu batakuak barabahkan,

janji babuek batapati,

titiak buliah ditampuang,

maleleh buliah dipalik,

satitiak buliah dilawikkan,

sakapa buliah digunuangkan.


d. Kato kamudian kato bacari: Adalah setiap persoalan yang telah dimufakati pada mulanya, tetapi belum mencapai keputusan, kemudian datang suatu hal yang menghalangi, maka permufakatan ini ditunda waktunya. Setelah. sampai pada waktu yang telah ditentukan, timbul pemikiran baru yang lain yang lebih baik daripada yang sudah. Tanpa mengubah prinsip, maka dicari kata yang baru dalam hal ini. Maka yang demikian disebut kata kamudian kata bacari.

4. Hukum Ampek
a. Hukum ilmu: sesuatu yang dihukum dengan ilmu.
b. Hukum sumpah: sesuatu yang dihukum dengan bersumpah.
c. Hukum kurenah: sesuatu yang dihukum dengan fi'il.
d.Hukum perdamaian:. sesuatu yang dihukum secara berdamai.

5. Undang Ampek

a. Undag-undang Luak:


Luak bapangulu,
rantau barajo.

b. Undang-undang nagari:

Basasok bajurami,
bapandam bapakuburan,
balabuah batapian.

barumah batanggo,

basawah baladang,

bakoroang bakampuang,

babalai bamunsajik.


c. Undang-undang dalamnagari:
Salah ditimbang utang dibaie.
salah ambiak mangumbali,

salah cotok malantiangkan.

salang mangumbali.

aleh bapanggia mati bajirambok.

bare k samo dipikua, ringan samo dijinjiang,

nan elok baimbauan.

nan bwuak baambauan.


dan sebagainya.

d. Undang-undang duo puluah: Dua be1as macam dari undang-undang ini disebut "tuduah nan bakatunggangan". Artinya sesuatu yang bisa menjadikan seseorang dituduh mengerjakan suatu kejahatan, yaitu:

1) Anggang lalu atah jatuah.
2) Pulang pagi babasah-basah.
3) Bajalan bagageh-gageh
4) Kacondongan mato rang banyak.
5) Dibao ribuik. dibao angin.
6) Dibao pikek, dibao langau.
7) Tasindoroang jajak manurun.
8) Tatukiek jajak mandaki.
9) Bajua bamurah-murah.
10) Batimbang jawab ditanyoi.
11) Lah bauriah bak sipasin.
12) Lah bajajak bak bakiek


Ka1au kiranya yang dua be1as macam ini· salah satu telah ditemui pada diri seseorang dalam satu kejadian yang sifatnya kesalahan, maka seseorang itu telah dapat dituduh.

Dan de1apan macam dari undang-undang dua puluh tersebut disebut di da1am adat Minangkabau "cemoh nan bakaadaan ". Artinya bila seseorang yang dituduh melakukan kejahatan telah lengkap pembuktiannya, seperti:

13) Dago-dagi mambari malu.
l4) Sumbang salah laku parangai.
15) Samun saka tagak dibateh.
16) Umbuak umbi budi marangkak.
17) Curi maliang taluang dindiang.
18) Tikam-bunuah parang badarah.
19) Sia baka sabatang suluah.
20) Upeh racun batabuang sayak.

6. Cupak Duo

Cupak di dalam adat ada1ah ukuran untuk pengukur sesuatu kejadian dan perbuatan di da1am masyarakat yang sifatnya tidak boleh dilebihi dan dikurangi. Cupak ini terbagi atas dua macam, dan yang dua macam ini mempunyai pecahan, di antaranya satu-satu,sehingga disebut juga cupak nan ampek, seperti:

a. cupak usali (asli),
b. cupak bualan,'
c. cupak nan piawai,
d. cupak tiruan.

7. Ukua Jangko di dalam Adat Minangkabau

Menurut adat Minangkabau ada beberapa ketentuan yang menjadi ukuran dan hinggaan yang harus diamalkan. oleh setiap orang, untuk mencapai tujuan secara baik di da1am kehidupan bergaul. Ketentuan tersebut dinamakan "ukua jang ko" yang terdiri delapan macam:

a. Nak lurui rantangkan tali: Supayo jan manyimpang kiri jo kanan, luruieh manantang barieh adat. Mahukum adie bakato bana, mamahek tantang barieh, mangarek tantang ukua.

Artinya:' Selalu1ah di dalam kehidupan ini berlaku lurus dan benar, dan jangan menyimpang dari ketentuan yang berlaku di dalam masyarakat (adat, syarak, undang-undang).

b. Nak tinggi naiekkan budi
: Mancari jalan kabanaran, supayo jan kalangkahan, tagak jan tasundak, melenggang tidak tapampeh, batutuah dengan lunak lambuik, lamak bak santan jo tangguli, suatu karajo nak lalu salasai sajo. Artinya: Selalulah bergaul dengan baik sesama manusia, yang tua dihormati, yang kecil dikasih, sama besar bersaudara, dan berkatalah dengan lemah lembut, dan bergaullah dengan sopan, hormat-menghormati. .

c. Nak haluih baso jo basi: Jan barundiang basikasek, jan bakato basikasa. Jan bataratak bakato siang, mahariak maantam tanah, jan babana ka pangka langan, usah bautak ka ampu kaki. Pandai maagak maagiahkan, budi baik baso katuju, muluik manieh kacindan murah. Artinya: Bergaullah penuh sifat ramah-tamah, sopan dan santun, hormat-menghormati sesamanya, yang senantiasa mencerminkan tingkah laku yang berlandaskan budi luhur.

d. Nak elok lapangkan hati: Mancari jalan kabaikan, nak dapek suluah nan tarang, mampunyai saba jo ridha, sarato hemat dan cermat. Artinya: Selalulah di dalam bergaul mempunyai sifat lapang hati dan sabar, tenang dan berwibawa, tetapi tegas dan bijaksana, serta mempunyai sifat malu di dalam diri, dan hati-hatL

e. Nak taguah paham dikunci: Jan taruah bak katidiang, jan baserak bak anjalai, kok ado rundiang banan batin, patuik baduo jan batigo, nak jan lahie didanga urang. Artinya: Yang . terlalu loyal, selalu menyimpan rahasia yang patut dirahasiakan. Bertindak dan berbuat penuh kebijaksanaan.

f. Nak mulie tapati janji: Kato nan bana ka dipegang, walau bak mana sangkuik pauik, asa indak mahambek bana, nanun janji batapati juo. Artinya: Kalau ingin dimuliakan atau jadi orang yang mulia, selalulah menepati janji yang telah dijanjikan, kecuali secara mendadak datang halangan.

g. Nak Labo bueklah rugi: Namuah bapokok babalanjo, namuah bajariah bausaho, marugi kito dahulu, pokok banyak labo saketek, dek ujuik yakin manjalankan, lamo lambek tacapai juo. Artinya: Berusahalah selalu untuk kebutuhan hidup sehingga mencapai keuntungan yang wajar. Dan setiap keuntungan yang ingin hendak dicapai senantiasa menghendaki pengorbanan.

h. Nak Kayo kuat mancari: Namuah bajariah bausaho, namuah bapokok babalanjo, asa lai angok-angok ikan, asa lai jiwojiwo patuang, nan tidak dicari juo. Artinya: Setiap kesenangan dan kekayaan serta kebahagiaan biasanya dapat dicapai oleh seseorang, terlebih dahulu dengan membanting tulang dan memeras keringat.

Kalau kiranya ukua jangko yang delapan macam tersebut dapat dilaksanakan oleh seseorang di dalam hidup ini baik secara perorangan maupun secara bermasyarakat, maka bertemulah rnenurut kaedah adat: Kak mamahek lah dalam barieh, kok batanam di dalam paga. .

Tetapi kalau kiranya tidak dlilaksanakan, juga adat mengatakan, bakato bak babalai gajah, bicaro bak katiak ula. babicaro kapalang aka, bapikie saba tak ado, baulemu kapalang paham,rumah tampak jalan tak tantu, angan lalu paham tatumbuak, aka panjang itikat salah; ukua sampai jangko lah sudah, hari tibo hukuman jatuah, di akhirat sajo mangkonyo tahu. Tuhan sandiri manantukan. Jalan dialiah dek rang lalu, cupak rang manggaleh.

Saduran dari : Pegangan Penghulu, Bundo Kandung

Dan Pidato Alua Pasambahan di Minangkabau


H. Idrus Hakimy Dt. Rajo Penghulu